Semen Perekat TPT Desa Cilebut Barat Mudah Terkelupas, Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi

Semen Perekat TPT Desa Cilebut Barat Mudah Terkelupas, Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi
Team media saat datang ke lokasi, semen perekat mudah sekali terkelupas, Rabu (21/10)

BOGOR,- Pekerjaan Tebing Penahan Tanah ( TPT ) di Desa Cilebut Barat, Kec. Sukaraja sudah memasuki tahap 70%. Anggaran yang bersumber dari APBD 2020 ini menelan biaya sebesar Rp. 410.392.000,00 (Empat Ratus Sepuluh Juta Tiga Ratus Sembilan Puluh Dua Ribu Rupiah).

Bertindak sebagai pihak pelaksana CV Duta Bangun Pertiwi dengan pihak konsultan pengawas PT Massuka Pratama, masa pekerjaan 90 (Sembilan Puluh) hari Kalender, No. dan tanggal SPMK: 610/E-341004-[2]/TPT-Air/SPMK/DPUPR/tanggal 10 September 2020.

Dalam pelaksanaan nya, diduga banyak sekali pekerjaan yang tidak sesuai spesifikasi. Team media yang tiba di lokasi, Rabu pagi (21/10), tidak melihat ada nya gambar kerja dan pelaksanaan (Construction Drawing ) yang harus dibuat oleh Penyedia Jasa.

Construction Drawing harus mendapat persetujuan dari Direksi dan dipasang di Kantor Direksi di lapangan serta beberapa rangkap untuk keperluan Penyedia Jasa.

Selain itu semen perekat yang menempel di batu mudah sekali terkelupas. Patut diduga perekat pasangan batu ini lebih banyak menggunakan pasir dari semen ( tidak sesuai klarifikasi dan komposisi perekat ). Untuk batu sendiri, pihak pelaksanaan sebagian menggunakan batu kuning, terlihat di lokasi dan sudah terpasang. Untuk K3 sendiri, para pekerja masih banyak tidak menggunakan APD ( Alat Pelindung Diri ). 

Pihak pelaksanaan saat di konfirmasi team media melalui WhatShap belum bisa memberikan tanggapan terkait hal ini.

( LUKY JAMBAK  )