Prof. Dr. Diena M. Lemy, A.Par., M.M., Jadi Narasumber Sesi ke-7 Program 'Stiepar-Eurasia International Short Course'

    Prof. Dr. Diena M. Lemy, A.Par., M.M., Jadi Narasumber Sesi ke-7 Program 'Stiepar-Eurasia International Short Course'
    Prof. Dr. Diena M. Lemy, A.Par., M.M. tampil sebagai narasumber sesi ke-7 program “Stiepar-Eurasia International Short Course” pada Selasa, 15 Maret 2022 (Sumber: Humas STIEPAR YAPARI)

    Kota Bandung - Prof. Dr. Diena M. Lemy, A.Par., M.M., CHE (Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Pelita Harapan) menjadi narasumber sesi ke-7 program “Stiepar-Eurasia International Short Course”  yang dilaksanakan secara hibrid di Kampus STIEPAR YAPARI, Jalan Prof. Dr. Sutami No.81-83, Sukarasa, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Kegiatan ilmiah tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) YAPARI  dengan Eurasia Jepang. Selasa (15/03/2022). 

    Perlu diketahui bahwa program “Stiepar-Eurasia International Short Course” ini sudah berlangsung sejak 15 Februari 2022 dan berakhir pada 12 April 2022 dengan melibatkan para mahasiswa STIEPAR YAPARI Prodi S1 Manajemen Pariwisata sebagai pesertanya. Selain menampilkan narasumber dari Indonesia, panitia juga mendatangkan narasumber internasional dari  lima negara di Asia yaitu Jepang, Turki, Korea Selatan, Filipina,   dan Malaysia.

    Pada kesempatan tersebut Diena hadir sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia (Hildiktipari) dengan membawakan makalah berjudul “Destination Management and Marketing”. Kegiatan ini berlangsung dengan baik dengan dipandu oleh moderator yang andal yaitu Nova Riana, Dra., M.Si., CHE. (Wakil Ketua STIEPAR Bidang Kerja Sama dan Kehumasan).

    Prof. Dr. Diena M. Lemy, A.Par., M.M., CHE sedang menyampaikan materi paparannya berjudul “Destination Management and Marketing” di depan para peserta pada Selasa, 15 Maret 2022 (Sumber: Humas STIEPAR YAPARI)

    Dalam pemaparannya, Diena menyampaikan betapa pentingnya Destination Management Organizations (DMO) dalam mengkoordinasikan berbagai pemangku kepentingan untuk mencapai tujuan dari sebuah destinasi, “DMO tersebut mencakup perencanaan dan penelitian, pengembangan produk, pemasaran dan promosi, kemitraan, pelibatan masyarakat, serta kepemimpinan.”

    DMO Roles, salah satu materi yang disampaiakn oleh Prof. Dr. Diena M. Lemy, A.Par., M.M., CHE (Sumber: Humas STIEPAR YAPARI)

    Diena menambahkan, pemasaran dapat dilakukan jika keberadaan sebuah destinasi sudah benar-benar siap. Pemasaran dimaknai sebagai proses yang berkesinambungan dan berurutan melalui DMO dalam merencanakan, meneliti, mengimplementasikan, mengontrol, dan mengevaluasi program yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan wisatawan.

    “Keberhasilan pemasaran ini tergantung dari seberapa besar upaya yang telah dilakukan oleh para pemangku kepentingan baik di dalam maupun di luar destinasi, ” imbuh Diena.

    Sekjen Hildiktipari tersebut juga menjelaskan tentang 10 A sebagai aspek pendukung suksesnya pengelolaan destinasi, yakni: 1. Awareness; 2. Attractiveness; 3. Availability; 4. Access; 5. Appearance; 6. Activities; 7. Assurance; 8. Apreciation; 9. Action, dan; 10 Accountability.

    Menurut Diena, kesepuluh aspek tersebut tentunya harus saling mendukung satu sama lainnya dalam pengelolaan sebuah destinasi, “Namun demikian, jika merujuk pada perkembangan pariwisata di Indonesia, Indonesia telah memiliki prinsip dasar Sapta Pesona yakni Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah Tamah, dan Kenangan.”

    Diena melanjutkan bahwa prinsip tersebut menurutnya masih sesuai dengan kebutuhan dalam tata kelola destinasi di Indonesia. Bahkan, jika prinsip tersebut diimplementasikan dengan baik, maka akan memberikan dampak baik pula terhadap pengelolaan sebuah destinasi.

    Pemaparan yang berlangsung sekitar satu setangah jam diisi dengan pemarapan materi dan diskusi interaktif dengan para peserta daring dan luring. Pada  akhir pemarapan disampaikan pentingnya pemahaman tata kelola destinasi dan pemasaran yang akan berdampak pada pencipataan pariwisata berkelanjutan ke depan.  

    ***

    Editor: JHK

    Pariwisata Stiepar Manajemen pariwisata Prof. Dr. Diena M. Lemy STIEPAR YAPARI Stiepar-Eurasia Destination Management and Marketing DMO Nova Riana
    Jumari Haryadi

    Jumari Haryadi

    Artikel Sebelumnya

    Hujan Lebat Dan Angin Kencang Akibatkan...

    Artikel Berikutnya

    Terkait Proyek Jalan Tol Semarang-Batang,...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    PERS.CO.ID: Jaringan Media Jurnalis Independen
    Hendri Kampai: Jangan Mengaku Jurnalis Jika Tata Bahasa Anda Masih Berantakan
    Nagari TV, TVny Nagari!
    Rutin dilaksanakan Personil Polsek Tempuran Res Karawang. Periksa ATM Perbankan di BRI Unit Tanjungjaya. 
    Polisi Datangi petugas Parkir Liar di wilayah hukum Polsek Tempuran Polres Karawang. Dalam Patroli KRYD Premanisme. 

    Ikuti Kami