Penemuan Benda Kuno Di Situs Budaya Geger Sunten Diduga Peninggalan Dinasti Ming

Penemuan Benda Kuno Di Situs Budaya  Geger  Sunten Diduga Peninggalan Dinasti Ming
Benda Kuno yang Diperkirakan Peninggalan Dinasti Ming Di Situs Budaya Geger Sunten

CIAMIS(Jabar)- Geger Sunten  adalah Salah Satu Obyek Wisata minat khusus di kawasan hutan RPH Rancah  BKPH Banjar Utara  KPH Ciamis. Lokasi tersebut  berada pada Daerah Administratif  Desa Tambaksari Kecamatan Rancah  Kabupaten Ciamis.

Pada hari Jumat (18/9/2020) Ketika Dodo S.Wijaya Ketua LMDH Geger Sunten, ditemani Iwan dan Jana membereskan dan membersihkan di lokasi Situs kawasan hutan Perhutani  Petak 23 dan 25 hutan RPH Rancah BKPH Banjar Utara, dikejutkan dengan penemuan barang kuno. Barang tersebut berupa pecahan keramik berupa Mangkok dan piring. Benda tersebut apabila dilihat dari bahan dan motif serta warnanya yang di dominasi warna biru di mungkinkan itu peninggalan Dinasti Ming. Demikian dikatakan  Dodo  yang sehari hari nya sebagai juru pelihara di lokasi Situs Geger Sunten.

" Benda tersebut kami temukan dengan kondisi  terkubur dan berserakan, dan kami bersihkan serta kami kumpulkan, sekarang kami simpan di Sekretariat Bale Sawala" ungkap Dodo.

Apabila di lihat Dengan kasat mata, Sepintas tak ada yang istimewa pada piring keramik itu. Warnanya putih dengan hiasan berupa gambar- gambar hewan, tanaman dengan warna biru yang merupakan ciri khas jaman keemasan dinasti Ming.

Piring keramik itu selain telah berusia 369 tahun, juga merupakan keramik yang bersejarah karena merupakan peninggalan masa Dinasti Ming pada tahun 1368 - 1644.

Dodo  Selaku ketua LMDH Geger Sunten sudah melaporkan penemuan benda bersejarah tersebut ke Pihak berwenang dengan berkirim surat Kepada Pihak Dinas Terkait.

Dodo Berharap kepada Pemerintah dan Dinas Intansi Terkait  bisa terjun langsung ke lokasi untuk membuktikan sekaligus melakukan penelitian benda tersebut,  agar masyarakat bisa mengetahui kepastian tentang asal usul benda Kuno tersebut untuk di jadikan daya tarik wisata dan Edukasi bagi anak- anak Sekolah. ( Nang Surya)