Batik Lukis Den Bagoes Art Wear, Media Promosi Wisata Kab.Pangandaran

Batik Lukis  Den Bagoes Art  Wear, Media Promosi Wisata Kab.Pangandaran
Kang Agus ( Den Bagus Art) Sang Kreator Seniman Batik Tulis Promosikan Wisata Pangandaran

PANGANDARAN (Jawa Barat)- Pariwisata tidak bisa lepas dari sentuhan tangan para seniman. Ini akan terlihat jelas apabila kita mengunjungi pantai Pangandaran. Pot bunga yang menjadi pemisah jalan menuju tol gate Wisata,  kini sudah disulap dengan goresan kuas hasil lukisan seniman  batik tulis Pangandaran.

Kang Agus pengelola Gallery Den Bagus Art  yang beralamat di jalan bulak laut blok Pasar Wisata Pangandaran merupakan inspirator yang patut di apresiasi dan contoh oleh seniman lainnya di Pangandaran. Pemerintah Kab. Pangandaran pun kini sudah melirik hasil karyanya. Sky walk Pantai Barat Pangandaran kini sudah mulai digarap oleh Dinas Pariwisata Kab.Pangandaran. Sementara pada lokasi lainnya/pertamanan, cor tiang  lampu taman juga  kini mulai kelihatan ada sentuhan warna..

Ketika di wawancarai oleh media Indonesia Satu di Gallerynya pada Minggu (30/8/2020) menjelaskan terkait Pariwisata Pangandaran.

" Saya sebagai seorang seniman yang sedang mengais rezeki dari para wisatawan yang datang ke Pangandaran, tentunya berharap tingkat kunjungan wisatawan makin meningkat dan kami khususnya para pelaku wisata di Pangandaran, para seniman, pedagang, pemandu wisata, para pengusaha hotel dan Restoran bisa mendapatkan penghasilan dari Kegiatan pariwisata ini.  Tentu hal  ini juga akan berpengaruh terhadap PAD Kab. Pangandaran " katanya.

Ada hal menarik dan unik  yang kami temukan di Gallery Den Bagus Art yaitu kain Batik dengan motif  yang beda dari  batik yang lainnya.

Dengan menunjukan kain batik yang  hanya mempunyai warna hitam putih, kami bertanya pada Kang Agus.  Ini batik motif apa ya  ?

Kemudian agus mengatakan "  Itu konsep kain batik yang sengaja saya buat untuk Promosi Pariwisata Kabupaten Pangandaran " ucapnya .

Melihat kami penasaran, akhirnya agus menjelaskan secara detil mengenai Batik itu "  Batik itu merupakan gambaran umum potensi Pariwisata yang ada di Kabupaten Pangandaran. Dalam  gambar peta pangandaran itu  menjelaskan  hasil bumi diantaranya ada gambar  Padi, gambar hutan, gambar pohon kelapa  gula merah, gambar ikan, dan Semenanjung Pangandaran yang  merupakan Kawasan hutan  konservasi,  didalamnya terdapat daya tarik wisata, ada situs Budaya Batu Kalde peninggalan kerajaan Galuh, gua Jepang peninggalan Perang Dunia II, gua gua alam serta Flora dan Fauna yang dilindungi sebagai wisata Edukasi  " imbuhnya. 

Sambil menunjukkan batik yang sudah jadi, agus pun mengatakan " terkait batik hasil karya saya  yang satu ini sudah di jelaskan mengenai filosofi yang terkandung di dalamnya pada salah satu pejabat di Pemerintahan Kab Pangandaran. Responnya sangat baik, bahkan  beliau mengapresiasi dan membeli batik itu   " katanya.

Diakhir perbincangan dengan media Indonesia Satu  Agus mengatakan  " Saya selaku seniman berharap kepada semua pelaku wisata di Pangandatan, mari kita bersatu padu untuk  jaga, pelihara, dan Promosikan Wisata Kabupaten Pangandaran supaya menjadi Pariwisata yang mendunia, yang bisa menambah Devisa Negara dan menjadikan  rakyatnya sejahtera. Untuk stakeholder dan pemangku kepentingan serta kebijakan  tentunya kami berharap, tetap memberi support berupa bimbingan teknis dan yang lainnya,  supaya bisa meningkatkan kualitas SDM serta  meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya dari Sektor Pariwisata, EKRAF / Ekonomi Kreatif  " .Pungkasnya. (Nang Surya)