Nasib Pedagang Pasar Malam dan Wahana Hiburan Rakyat Keliling di Masa Pandemi Covid-19

Nasib Pedagang Pasar Malam dan Wahana Hiburan Rakyat Keliling di Masa Pandemi Covid-19
Wahana Hiburan Rakyat Keliling yang banyak menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat terpaksa harus gulung tikar kerana sulit nya izin keramaian.

BOGOR, - Pandemi Covid-19 yang melanda tanah air belum juga usai. Setiap hari media selalu menampilkan statistik angka penularan di seluruh wilayah. Tentu ini menjadi suatu keprihatinan bagi bangsa. 

Berbagai sektor mengalami penurunan. Salah satu nya sektor ekonomi bagi pelaku usaha kecil. Contohnya para pedagang pasar malam dan hiburan wahana rakyat keliling. Mereka ini merupakan pelaku sektor riil di kalangan bawah. Kurang lebih 5 bulan mereka tidak bisa membuka usaha, karena terbentur dengan perizinan dari pihak yang berwenang. 

Seperti pemilik wahana hiburan rakyat keliling. Mereka terpaksa harus mem-PHK ratusan para karyawan nya lantaran tidak bisa beroperasi nya wahana hiburan (Komedi putar). Sekarang wahana mereka yang terbuat dari besi ini harus menjadi barang karatan di gudang. 

Selain itu, para pedagang pasar malam yang juga masuk dalam kategori pelaku UKM tidak bisa berjualan. Mereka terpaksa bertukar profesi, demi menghidupkan keluarga. Pemerintah dengan kebijakannya sudah meluncurkan berbagai program guna membantu masyarakat yang berdampak Covid-19. Mulai dari bantuan sosial tunai hingga pembagian Sembako. Namun hal ini tidak semua nya dirasakan oleh masyarakat kalangan bawah. 

Sekarang mereka menunggu kebijakan yang nyata dari pemerintah pusat dan daerah. Termasuk pemberian izin keramaian di wilayah zona Hijau. Mereka berharap, pemerintah bisa lebih peka dengan apa yang terjadi di lapangan. Para pelaku UKM ini hanya ingin mereka bisa membuka usaha kembali. Mereka siap mengikuti anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan di wilayah yang dinyatakan zona Hijau.

( LUKY )