Mobil Box Modifikasi Pengangkut Solar Ilegal Marak Lansir di Jl Keradenan

Mobil Box Modifikasi Pengangkut Solar Ilegal Marak Lansir di Jl Keradenan
Gambar ilustrasi BBM solar ilegal

BOGOR,- Bahan Bakar Minyak  ( BBM ) jenis Solar ,yang diperuntukan kepada masyarakat bawah ( Subsidi ) di wilayah Bogor semakin di kuasai para sendikat Solar. Terlihat banyak nya mobil Mobil Box dimodif Doble Tangki yang melintasi jalur kawasan Kabupaten khusus nya di jalan Keradenan. 

Mobil- mobil ini biasa nya beroperasi siang dan malam hari, guna menghindari razia aparat Kepolisian. Pantauan dari awak media di lapangan, mobil mobil Box Doble Tangki ini setiap hari nya lalu lalang di sepanjang jalan Keradenan Cibinong.

Modus operasi para sindikat ini membeli solar subsidi yang menjadi langganannya di salah satu SPBU di jalan Keradenan, yang nanti nya dibawa ke gudang mereka.

Sesuai Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 191 Tahun 2014‎,  pengguna BBM tertentu termasuk Solar subsidi hanya ditujukan bagi rumah tangga, usaha mikro, usaha Pertanian, usaha Perikanan, Transportasi, dan pelayanan umum. Jadi walaupun sewa ataupun dimiliki industri langsung, tetap saja kendaraan industri khususnya di atas roda 6, tidak berhak menggunakan Solar bersubsidi .

Hal ini juga di pertegas dalam 55 UU Migas :
" Setiap orang yang menyalahgunakan Pengangkutan dan/atau Niaga Bahan Bakar Minyak yang disubsidi Pemerintah dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling tinggi Rp60.000.000.000,00 (enam puluh miliar rupiah) ".

( LUKY )