Festival Budaya Desa Cikalong Pangandaran, Apa itu Nampaling ?

PANGANDARAN( Jawa Barat )- Festival Budaya merupakan agenda kegiatan yang sudah menjadi tradisi di Desa Ini. Pada Sabtu (19/9/2020), bertempat di komplek Persawahan Blok Cimanggu  Desa Cikalong, Kecamatan  Sidamulih, Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kabupaten Pangandaran bersama Pemerintah Desa Cikalong mengadakan Festival Budaya Nampaling.

Acara yang menggelar bebagai kegiatan seni budaya seperti, Ngagondang, seni ibing Sunda Ronggeng, kontes Layangan tradisional, lomba kuliner Pindang Gunung  dan Nasi Tumpeng/ makanan khas urang Sunda,  di hadiri dan di buka oleh Bupati Pangandaran H.Jeje Wiradinata .

Edi Rusmiadi  Ketua  Kompepar  Kabupaten Pangandaran, ketika di Wawancarai oleh Media Indonesia satu menjelaskan " Acara ini merupakan acara rutin di Desa Cikalong. Kegiatan ini bertujuan agar seni budaya dan kearifan Desa Cikalong tetap terjaga , sekaligus menjadi media promosi prawisata, karena Desa Cikalong merupakan bagian Desa Pariwisata yang ada di Kabupaten Pangandaran" katanya.

" Kegiatan ini merupakan kegiatan terakhir di masa jabatan kami sebagai pengurus Kompepar Kab.Pangandaran, untuk kedepan mungkin saja semua akan berubah, baik Kepengurusan ataupun konsep rencana kegiatannya, kami ucapkan permohonan maaf apabila selama kami menjabat menjadi pengurus Kompepar  Kab. Pangandaran banyak kesalahan dan kekurangan, semoga kedepan akan lebih baik lagi " imbuhnya.

H.Jeje Wiradinata  Bupati Pangandaran juga menjelaskan pada awak media " Banyak manfaat dari kegiatan ini, selain seni Ibing  Ronggeng dan Gondang , ada yang unik disini. Nampaling  ( menangkap belalang di persawahan dengan alat tradisional  Namanya Tampaling) " ungkapnya. 

Jeje Juga menambahkan " kegiatan ini sangat luar biasa, mengedukasi kaum milenial akan seni dan budaya daerah agar tetap lestari, supaya tetap di laksanakan  sebagai media promosi Pariwisata, dan Kami sebagai Pemerintah akan tetap mendorong , dan akan kami kemas untuk kami jual ke Dunia Pariwisata Internsional" pungkasnya.( Nang Surya)