Akhirnya Keluarga Ahli Waris Korban Meninggal Covid-19 Karawang Akan Dapat Santunan PSKBS Kemensos RI

Akhirnya Keluarga Ahli Waris Korban Meninggal Covid-19 Karawang Akan Dapat Santunan PSKBS Kemensos RI

KARAWANG,- Korban meninggal akibat terinfeksi Virus Corona (Covid-19) yang terjadi di Indonesia sangatlah banyak jumlahnya, dan bagi keluarga yang mendapat musibah tersebut tentunya sangat merasa kehilangan dan terpukul sekali dengan kondisi ini. Apalagi jika yang menjadi korban adalah orang yang menjadi tulang punggung keluarga. 

Bukan saja kerugian imateriil, tapi juga kerugian materil yang pasti dirasakan oleh keluarga tersebut. Karena secara ekonomi, jelas terdampak sekali lantaran orang yang menjadi sumber penghasilan (tulang punggung) keluarga meninggal terpapar Covid19. Jelas bagi para keluarga korban, seperti bukan hanya kehilangan anggota keluarga tetapi juga kehilangan sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Melihat keadaan dan kondisi masyarakat yang mengalami hal ini, telah menggugah jiwa sosial para Jurnalis, khususnya awak media "Targethukum.com" Biro Karawang, untuk membantu serta nenolong para keluarga tersebut agar bisa mendapatkan tunjangan dari pemerintah, dalam hal ini Dinas Sosial Propinsi Jawa Barat. 

Setelah mengumpulkan data dari warga masyarakat yang keluarganya tercatat neninngal dunia akibat Covid 19, dan berdasarkan data yang diperoleh, maka Tim Jurnalis media Targethukum yang diketuai oleh Ka-Biro Jamaludin segera mendatangi dan melaporkannya kepada Dinas Sosial Kabupaten Karawang untuk membahas dan menindak lanjuti. 

Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas para awak media ini, atas keadaan dan kondisi yang dialami para keluarga korban. Selanjutnya, berdasarkan surat dari Kepala Dinas Sosial Propinsi No. 443/25431/Linjamsos, Perihal Surat Edaran tentang "Santunan bagi korban meninggal akibat Virus Corona (Covid 19) serta mengacu pada surat edaran tersebut dan data warga yang di dapat, maka tim media meminta kepada Dinas Sosial Karawang untuk mengajukan permintaan data-data korban meninggal beserta refferensinya kepada Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang, dengan surat permohonan no.460/579/Dinsos tertanggal 16 Juli 2020.

Data korban dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 inilah yang akan di jadikan sebagai dasar pengajuan ke Direktorat Perlindungan Korban Bencana Sosial (PSKBS) Kemensos RI. Berdasarkan informasi, bagi keluarga yang anggota keluarganya meninggal akibat  Covid 19, akan memperoleh tunjangan santunan sebesar 15 juta rupiah per-keluarga. 

Sementara itu, Kabiro Karawang Jamaludin berharap usaha keras dari tim 'Targethukum' bersama Dinas Sosial Kabupaten Karawang segera dapat terealisasi dan diterima oleh para warga yang berhak menerimanya.

"Kami berharap dari sekitar 40 lebih warga ahli waris korban Covid-19 di Kabupaten Karawang ini, dana tersebut seluruhnya sampai dan di terima para ahli waris. Kami juga himbau, agar ahli waris dapat menggunakan dana tersebut dengan bijak dan sebaik- baiknya, mengingat kita belum tahu sampai kapan pandemi Covid 19 ini akan berakhir. Sehingga dengan begitu, dana yang diterima ini menjadi bermanfaat bagi keluarga yang ditinggalkan," tegas Kabiro. 

Dalam hal apa yang telah dilakukan oleh Jamaludin bersama Tim Biro Targethukum Karawang, Pendiri Media Targethukum.com Badruni dan Pemimpin Redaksi Eva Andryani, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Tim Biro Kabupaten Karawang, yang berkat usaha dan kerja keras mereka berhasil membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Kita sebagai insan media tidak hanya sekedar menjalankan tugas jurnlistik saja sebagai kontrol sosial, tetapi dalam tugasnya juga harus dapat bermanfaat bagi kemaslahatan orang banyak. Untuk itu, Bravoo ! kepada Biro Kabupaten Karawang," tandas Badruni. (***)